Halaman

Rabu, 20 Maret 2013


Apa kabar teman teman...!!!
Di sini kita akan membahas sensasi dan persepsi dari psikologi.
Dan saya akan bercerita tentang pengalaman saya yang di dalam pengalaman tersebut mengandung sensasi dan persepsi.
Okedeh langsung saja ya.... :D
Pada hari kamis jum’at malam saya sedang mempersiapkan baju-baju saya yang akan saya bawa pulang ke rumah, karna ada libur beberapa hari jadi saya memutuskan untuk pulang ke rumah. Dan saya pun mempersiapkan baju-baju untuk dipakai di rumah nanti dan tidak ketinggalan saya juga mempersiapkan baju bola dan sepatu bola kesayangan saya. Karna saya disana akan latihan sepak bola untuk itu saya mempersiapkan baju bola, sepatu bola dan perlengkapan lainnya. Tapi diantara baju-baju bola lainnya ada satu baju bola berwarna biru hitam dan terdapat sablon nama beserta nomor punggung  22 yang sangat saya gemari untuk memakainya, tidak tahu mengapa ketika memakai baju tersebut ada kebanggaan tersendiri yang membuat saya senang untuk memakainya dan kenapa saya memilih nomor 22 untuk nomor punggung saya karena nomor tersebut adalah nomor punggung pemain bola favorit saya yaitu Ricardo Kaka’ yang dulu pada waktu masih bermain bersama Ac Milan memakai nomor punggung 22. Setelah saya mempersiapkan baju baju yang akan di bawa saya pun bergegas untuk tidur,dan keesokan harinya saya pun pergi kuliah dengan membawa tas yang cukup berat yang bersikan baju-baju serta perlengkapan saya ditambah lagi saya membawa laptop maka bertambah lah berat tas saya yang membuat bahu saya sedikit pegal dan lelah. Kuliah pun  dimulai jam 8, karna 3 sks jadi selesai kuliah sekitar 10.30 wib. Dosen pun masuk dan membawakan kuliah, ternyata setelah dosen menerangkan, dosen tersebut meminta kami agar membuat nama-nama kelompok, ternyata dibuat kelompok tersebut untuk membuat tugas besar tentang matakuliah tersebut. Kami sudah mempersiapkan nama-nama kelompok tugas besar kami yg terdiri dari teman-teman terdekat kami yang sebahagian besar  laki-laki dan juga ada dua orang perempuan yang masuk kelompok kami.
Dan kami pun menyerahkan nama-nama kelompok tersebut kepada dosen, setelah itu dosen tersebut menyuruh kami unutk memikirkan dua judul untuk membuat suatu sistem dan menganalisisnya, kami pun bertanya satu sama lain dalam memikirkan judul tersebut dan “kira-kira buat sistem apa kita ya..? aku bertanya”. Dan semua pun  masih diam memikirkan judul tersebu ma- sing masing. Tiba-tiba salah satu teman saya memiliki ide untuk itu. Dan kami pun berasa senang akhirnya mendapatkan satu ide yang memuat judul cukup bagus menurut kami , kami harus yakin untuk membuat sitem tersebut dan sudah kami sepakati, selanjutnya tinggal satu judul lagi untuk melengkapi tugas kami, karna salah satu dari judul tersebut akan diajukan dan dipilih dosen tersebut sebagai tugas besar kami. Akhirnya judul kedua pun kami dapatkan, tapi kami berharap judul pertama yang akan dipilih karna kami sudah memikirkan semuanya untuk judul tersebut. Baik secara pihak yang bersangkutan dan lain-lain. Kami pun mengumpulkan kedua judul tersebut dan menanti untuk di panggil, dan kelompok kami pun di panggil dosen tersebut menanyakan tentang sistem yang akan kami buat, setelah bertanya dia memutuskan untuk sistem pertama yang kami pikirkan itu lah yang di setujui. Dan perasaan kami pun senang karna sesuai harapan dan mudah-mudahan bisa membuat sitem tersebut sesuai yang direncanakan. Dan jam menunjukkan 10.30, kuliah pun selesai dan saya pun dengan perasaan senang ingin berjumpa keluarga segera bergegas cepat pulang walaupun tas yang cukup lumayan berat  dan terisi penuh memadati  tas saya. Dan saya pun menaiki kereta dan berjalan pulang, di jalan pulang hari cukup cerah dan matahari bersinar terang unutk saya memakai  jaket jadi tidak terlau panas dan banyak juga angin yang bertiup. Jalanan cukup macet dan menghambat perjalanan saya, tapi untuglah tidak terlalu lama sehingga saya bisa melanjutkan perjalanan saya. Tidak terasa ternyata sudah dekat tinggal beberapa menit lagi saya akan sampai kerumah. Dan akhirnya saya pun sampai di rumah dan kelelahan tadi terbayar  oleh senangnya perasaan melepas kerinduan bersama keluarga.
Keesokan harinya sekitar jam  4 sore saya latihan di sana, karna saya sudah membawa perlengkapan jadi tinggal mempersiapkan, dan begegas ke lapangan. Setelah di lapangan saya langsung memakai sepatu dan  melakukan pemanasan,ternyata sudah banyak yang datang. Rasanya makin bersemangat untuk latihan. Setelah selesai latihan kami pun beristirahat dan duduk duduk bersama kemudian pelatih memanggil kami, dan ia menyampaikan bahwa hari minggu besok tanding melawan klub sepak bola tanjung pura. Tidak hanya menyampaikan itu, pelatih juga memberikan arahan tentang permainan kami tadi pada waktu latihan dan menyampaikan jam berapa kita akan berangkat. Setelah itu selesai kami pun bubar dan kembali pulang kerumah masing masing, menjaga kondisi  agar tetap fit dan bisa bertanding dengan maksimal serta istirahat yang cukup. Itulah yang saya lakukan menjeang pertandingan untuk hari minggu pertandingan persahabatan (friendly match). Dan hari minggu pun tiba paginya saya sudah mempersiapkan sepatu dan perlengkapan lain dan begitu juga adik saya, dia baru berumur 11 tahun dan masih SD kelas 6 tapi dia sangat menyukai sepak bola, dan dia juga  nanti akan bermain. Setelah mempersiapkan semuanya selesai saya langsung mandi berhubung kami berangkat jam 2 siang, saya,adik dan teman saya  segera berangkat karna jam sudah menunjukkan setengah 2 kami pun langsung ke tempat janjian untuk berkumpul.
Setelah menunggu beberapa saat dan yang lainnya juga sudah datang, akhirnya mobilnya datang. kami naik truk, ternyata truknya tidak cukup besar agak sedikit sempit. Tapi tidak apa-apa , setelah semua naik dan turk pun jalan. Biarpun cuaca cukup panas tapi semuanya tertawa dan riang gembira sambil melihat panorama indah, sambil menikmati perjalanan angin pun mulai bertiup kencang seiring laju truk tersebut, kami melewati  kampung demi kampung  dan akhirnya sampai di tempat tujuan, ternyata cukup jauh. Saya agak sedikit capek terutama kaki, karna harus berdiri terus. Kami pun menurunkan kostum tim dan membawanya ke dekat lapangan karna pemula (anak-anak kecil) akan segera bermain. Karna saya di senior dan dapat main  terakhir, jadi saya dan teman-teman memutuskan untuk beristirahat sambil bercerita-cerita yang juga di suguhi canda dan tawa. Saya juga meluruskan kaki yang tadinya cukup capek kini berangsur-angsur membaik. Ternyata di dekat kami beristirahat terdapat warung jajan, perut pun mulai lapar dan kami pun memutuskan untuk mencari makanan ke warung terasebut. Ternyata di sana hanya ada jajanan ringan saja kami membeli aga-agar dan beberapa roti sebagai pengganjal perut yang lapar. Kami pun menikmati jajanan ini yang akhirnya habis. Setelah selesai makan kami beranjak pergi ke dekat lapangan ternyata anak pemula sudah main dan pertandingannya cukup seru, serangan demi serangan terus kami lancarkan tetapi belum menemui hasil dan akhirnya lawan memanfaatkan serangan balik dan menciptkan gol. Kami melihat pertandingan begitu seksama hingga selesai dan akhirnya pertan dingan tersebut di menangkan oleh lawan dengan skor 2-1. Pertandingan kedua pun  akan segera dimulai saya pun bersiap-siap menontonnya lagi karna kali ini yang main adalah adik saya, mereka pun mulai melakukan pemanasan, adik saya  dan teman-temannya juga sudah bersiap-siap. Wasit pun mulai ke tengah lapangan dan itu tandanya pertandingan akan segera di mulai. Dan kick off pun dimulai kami mulai menyerang dan hampir beberapa kali mengancam gawang lawan.  Pertandingan masih berlangsung dan kini adik saya membawa bola ke gawang tetapi di di ganjal oleh lawandan ternyata lawan mengganjal di kotak 16 dan mendapatkan freekick dari wasit yang menghasilkan tendangan pinalti. Tapi adik saya masih terlihat kesakitan, mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa. Ternyata di bangun lagi dan tidak apa-apa. Tendangan pinalti pun dimulai, kami semua harap-harap cemas  dan tendangannya pun masuk ke gawang lawan, ternyata gollll...!!!!
Anak itu pun merasa senang dana bangga dapat mencetak gol, skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan. Kami pun bersiap-siap untuk memakai kostum, karna setelah ini giliran senior yang akan main. Kami pun memakai kostum seragam berwarna biru hitam, setelah selelah selesai memakai sepatu, kami pun segera melakukan pemanasan. Pertandingan pun dimulai wasit menuju ke tengah lapangan untuk memulai pertandingan. Ternyata saya duduk di bangku cadangan, agak kecewa tapi tidak apa-apa yang penting ikut bertanding. Permainan pun cukup seru kami berhasil menjebol gawang lawan dan skor sementara 1-0 di babak pertama, tapi setelah itu pelatih memanggil saya dan menyuruh saya unutk bersiap-siap unutk menggantikan teman saya. Saya pun berlari ke pinggir lapangan dan melakukan pergantian pemain, senang rasanya bisa langsung main dan berada di posisi wing kiri. Saya pun dengan sigap bermain, ternyata kami dibalas dengan mereka menjebol gawang kami yang akhirnya skor 1-1. Pertandingan masih seru menyerang silih berganti, tetapi pada waktu kami menguasai bola dan teman saya terus membawanya ke kotak pinalti dan posisi saya juga sudah di dalam kotak pinalti dan dia mengoper bola kepada sayadan saya pun tidak menyia-nyiakan peluang, langsung saja saja shooting ternyata masuk.. dan Golll!!! Saya sangat bangga dan senang bisa menyumbangkan satu gol buat tim saya. Dan teman teman tersenyum bangga kepada saya. Tidak lama kemudian pluit tanda berakhirnya pertandingan pun selesai kami pun bersalam dengan lawan kami. Dan menuju pinggir lapangan untuk mengganti baju sambil bercerita dengan teman-teman yang diselingi dengan canda tawa tentang permainan dari pertandingan tadi. Kami cukup puas dengan pertandingan tadi kami bermain cukup bagus. Setelah semua selesai mengganti baju kami pun beranjak pulang ke rumah dan istirahat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar